Senin, 21 September 2020

[Tantangan Masa Depan]

👷 HUMAN 
vs
COMPUTER 🖥

    Pada era 4.0 ini, teknologi berkembang pesat tanpa mengenal ampun. Kini, mayoritas perusahaan yang bergerak dalam segala bidang lebih memilih untuk menggunakan robot dalam kegiatan produksinya karena robot dianggap lebih efisien dan meminimalisir kesalahan. Robot adalah suatu ciptaan manusia yang dikontrol menggunakan sistem komputer. Dengan adanya robot, semakin lama tenaga manusia akan dianggap tidak dapat menyeimbangi ataupun dapat melakukan sebaik yang dilakukan robot. Akibat dari itu, ekonomi dan kesejahteraan manusia terancam karena manusia akan tidak dapat pekerjaan sehingga tidak memiliki penghasilan untuk melangsungkan hidupnya.


// ANALISIS VUCA //
V - Volatility, robot bisa saja menjadi lebih pintar dari manusia kapanpun karena robot dapat ditingkatkan hanya dengan diperbaharui programnya saja, sedangkan manusia harus secara manual mengasah kemampuan.
U - Uncertainty, kita tidak sadar bahwa bisa saja semua sektor perusahaan akan memilih robot daripada tenaga manusia sehingga manusia tidak tahu lagi akan diterima bekerja dimana.
C - Complexity, tentu hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dipecahkan solusinya sebab perkembangan kualitas manusia bergantung pada individu tersebut dan robot bisa diatur sesuka hati, lalu dengan tergantikannya tenaga manusia dengan robot akan berdampak kepada manusia yang akan menjadi penggangguran.
A - Ambiguity,  masyarakat bingung untuk memprediksikan masa depannya karena terancam dengan keberadaan robot yang canggih.

// SOLUSI//
1. Buka lapangan pekerjaan yang membutuhkan tenaga manusia sepenuhnya.
2. Menjadi individu yang selalu berkeinginan besar untuk mengembangkan kualitas diri.
3. Berani untuk mengambil resiko.
4. Coba pelajari dan lakukan hal-hal baru yang dapat menambah skills dan berguna dalam kehidupan.

#TantanganMasaDepan 
#DuniaVUCA 
#OSKMITB2020 
#TerangKembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tantangan Masa Depan

  INDIVIDUALISME     Individualisme adalah sifat dari manusia yang hanya memperdulikan dirinya sendiri dan menganggap hanya dirinya yang pen...